Laboratorium

LABORATORIUM

Laboratorium Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nusa Cendana (Undana), jumlah 1 unit dengan luas 113,0 m2, dapat memberikan pelayanan kepada pengguna laboratorium yang dapat meningkatan kualitas pembelajaran dan kompetensi mahasiswa serta kegiatan penelitian. Sasaran mutu yang akan dicapai adalah: 1. alat-alat penelitian terkalibarasi secara berkala, 2. laboran memiliki kemampuan mengoperasikan peralatan penelitian molekuler, 3. tersusunnya database alat dan bahan laboratorium, dan tingkat kepuasan pengguna laboratorium mencapai minimal 75%.

Untuk merealisasikan sasaran mutu Laboratorium Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Undana, ada beberapa langkah-langkah yang akan diambil, sebagai berikut : 1. melakukan kajian dan penyusunan SOP laboratorium secara bersama  yaitu dosen, kepala laboratorium, koordinator laboratorium dan laboran, 2. mengalokasikan anggaran belanja laboratorium untuk kegiatan kalibrasi alat-alat laboratorium, 3. mengirim laboran pada kegiatan pelatihan-pelatihan operasional peralatan laboratorium molekuler, 4. mengalokasikan anggaran belanja laboratorium untuk pengadaan alat keselamatan kerja di laboratorium, 5. menginventaris data, menata administrasi laboratorium dan menyusun serta menyimpan data laboratorium dengan program komputer/soft ware, dan 6. meningkatkan pelayanan laboratorium, kemudahan administrasi, dan meningkatkan ketersedian peralatan dan bahan untuk mempermudah pengguna laboratorium dalam melaksanakan kegiatan praktikum atau penelitian.

Fasilitas Sarana dan Prasarana dalam 1 unit Laboratorium Program Studi Pendidikan Biologi terdapat fasilitas praktikum, riset, dan layanan utama, dan ruang bahan, kemudian disekat ruang Kepala Laboratorium dan Laboran.

Gedung Laboratorium Pendidikan Biologi FKIP Universitas Nusa Cendana

Praktikum Matakuliah Zoologi Vertebrata, Melakukan Pembedahan Ikan/ Pisces

Melakukan Pengamatan Mikroskopis

Praktikum matakuliah Fisiologi Tumbuhan