Kenapa Memilih Kami

Apa itu Pendidikan Biologi

Biologi adalah suatu ilmu tentang kehidupan, termasuk di dalamnya mempelajari tentang makhluk hidup, hubungan antar makhluk hidup, dan juga hubungan dengan lingkungan sekitarnya. jadi biologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari segala hal tentang kehidupan di bumi, meliputi manusia, tumbuhan, hewan, dan lingkungan tempat tinggalnya. juga mempelajari tentang organisme hidup lain di muka bumi ini, termasuk di dalamnya mempelajari tentang evolusi, struktur, persebaran, pertumbuhan dan taksonominya. Sedangkan Pendidikan Biologi adalah sebuah program studi yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga pengajar biologi yang terampil untuk tingkat pendidikan dasar hingga menengah. Apa yang dipelajari pada program studi ini adalah ilmu biologi beserta turunan-turunannya, namun dengan tambahan perspektif pendidikan dan pengajaran di dalamnya. Mahasiswa program studi Pendidikan Biologi juga akan mempelajari bagaimana cara mengajar yang baik, membuat soal-soal, kurikulum, manajemen sekolah, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan teknis maupun administrasi persekolahan. Ketika lulus nanti, gelar yang didapatkan adalah S.Pd atau Sarjana Pendidikan.

 

Apa itu Program Studi Pendidikan Biologi  FKIP Universitas Nusa Cendana

Program Studi Pendidikan Biologi merupakan salah satu Program studi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana. Didirikan pada tanggal 21 Agustus 1984, dengan Nomor SK: 100/DIKTI/Kep/1984, Pejabat Penandatangan SK Pendirian PS  Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi,  sedangkan Penyelenggaraan PS dimulai pada bulan September 1980, dengan Nomor SK Izin Operasional :  5122/D/T/K-N/2011,  dan SK Izin Operasional, tanggal  4 Januari 2011, Peringkat  Akreditasi Terakhir  B (Baik) dengan Nomor SK BAN-PT  :  0921/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2017

Jumlah staf dosen kami yang berstatus sebagai Dosen tetap sebanyak 10 orang ( terdiri dari S3,5 orang dan S2, 5 orang)  Dosen Kontrak, 1 orang dan Dosen Luar biasa, 1 orang. Dengan jumlah mahasiswa saat ini. 437 mahasiswa dan tenaga administrasi, 2 orang. Salah satu tujuan Prodi adalah  Menghasilkan calon guru biologi yang menguasai bidang ilmu biologi, trampil menguasai berbagai model pembelajaran biologi, baik di kelas, laboratorium dan di lapangan. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan, bermoral serta memiliki karakter unggul, dengan Profil lulusan Pendidik Profesional, Peneliti, Pengelola Laboratorium dan Laboran yang mampu bekerja di bidangnya, oleh karna itu kalau kamu tertarik dengan pelajaran Biologi dan bercita-cita menjadi seorang guru, maka program studi Pendidikan Biologi adalah pilihan yang tepat buatmu. Cakupan ilmu Biologi yang dipelajari pada program studi ini tidak seluas Biologi Murni, namun poin plusnya di sini kamu bisa mendapatkan pengetahuan mengenai dunia pendidikan dan cara-cara mengajar yang baik dan benar.